Nice Perform by J-Rock

Posted on December 30, 2010

0



From Watermark

Sabtu, 25 Desember 2010 saya menonton aksi J-rock di Universitas Negri Surabaya (UNESA). Awalnya agak males-malesan karena Surabaya diguyur hujan malam itu. Namun ternyata hasrat untuk foto panggung tidak tertahankan, jadi saya berangkat dengan segala perlengkapan untuk antisipasi hujan.

From Watermark

Satu hal yang saya selalu penasaran ketika ingin memotret konser adalah lighting dari sebuah panggung. Sampai saat ini saya merasa lighting yang paling bagus adalah pada waktu  konser Ten 2 Five yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Unair.  Di panggung bagian belakang terdapat banyak lampu sorot wrna putih kemudian lampu warna-warni tidak diletakkan disamping melainkan di depan dan belakang. Ditambah dengan seringnya asap yang keluar, maka lighting terasa sangat sempurna.

From Watermark
From Watermark

Kembali ke konser J-rock. lighting yang disediakan sangat sederhana menurut saya. tidak ada yang istimewa, lampu yang dominan adalah kuning dan merah, sesekali warna biru. Hal itu membuat saya memilih mode tungsten pada white balance agar gambar yang dihasilkan tidak terlalu kuning. agak sulit mendapatkan gambar frezze mengingat setting shutter speed yang paling memungkinkan adalah 1/60 sampai 1/80.

Semoga di lain kesempatan, ada panggung yang memiliki lighting fantastis..